Kabar Kantor Wilayah

Indeks Berita Kantor Wilayah Kementerian Hukum RI

Perkuat Inklusivitas, Kanwil Kemenkum Sumsel Hadiri Monitoring Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan

WhatsApp Image 2025 10 03 at 09.06.59

Palembang, 2 Oktober 2025 — Kantor Wilayah Kementerian Hukum (Kemenkum) Sumatera Selatan mengikuti Zoom Meeting Pelaksanaan Monitoring Penyelenggaraan Pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2025 yang diselenggarakan oleh Biro Perencanaan dan Organisasi. Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (2/10) pukul 13.00 WIB di Ruang Teleconference PP.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi, Ibu Rahmi Widhiyanti, dan diikuti oleh seluruh jajaran pengemban tugas fungsi pelayanan publik dari UKE I, Kantor Wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis.

Dari Kanwil Kemenkum Sumsel, peserta yang hadir yakni Perencana Muda Dedy Zulian, Analis Hukum Muda Riyan Citra Utami, serta Tim Pokja Program dan Pelaporan.

Dalam arahannya, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi menyampaikan bahwa pelayanan publik memiliki beberapa bentuk, di antaranya Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik (PEKPPP), Pelayanan Publik berbasis HAM, serta Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan.

Beliau menekankan pentingnya memberikan pelayanan maksimal kepada kelompok rentan meskipun dalam kondisi efisiensi sumber daya.

Selanjutnya, narasumber dari Kementerian PAN-RB, Ibu Linda, menyampaikan materi terkait aspek-aspek penting dalam pelayanan publik ramah kelompok rentan.

Materi meliputi aspek kebijakan dan komitmen, aksesibilitas fisik, aksesibilitas komunikasi dan informasi, akomodasi yang layak, serta aspek sumber daya manusia. Beliau juga mengingatkan batas akhir pengisian dan pemenuhan data dukung pelayanan publik ramah kelompok rentan ditetapkan hingga 17 Oktober 2025.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif yang diikuti dengan antusias oleh peserta dari berbagai unit kerja.

Dedy Zulian, menyampaikan bahwa monitoring ini menjadi sarana penting dalam memperkuat kualitas pelayanan publik di lingkungan Kemenkum.

“Kegiatan ini memberikan panduan yang jelas bagi kami untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang inklusif, terutama bagi kelompok rentan, sehingga prinsip keadilan dan kesetaraan benar-benar terwujud dalam praktik pelayanan,” ujarnya.

Seluruh rangkaian acara berjalan dengan baik dan lancar, sekaligus menjadi momentum penting dalam memperkuat komitmen penyelenggaraan pelayanan publik yang ramah, inklusif, dan berkeadilan bagi semua lapisan masyarakat.

WhatsApp Image 2025 10 03 at 09.06.49

WhatsApp Image 2025 10 03 at 09.06.46

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM
PROVINSI SUMATERA SELATAN
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Jend Sudirman Km. 3,5 Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151
PikPng.com phone icon png 604605   +62896-4854-7707
PikPng.com email png 581646   Email Kehumasan
    kanwilsumsel@kemenkum.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humas.kemenkumhamsumsel@gmail.com

 

facebook kanwil kemenkumham sumsel   twitter kanwil kemenkumham sumsel   instagram kanwil kemenkumham sumsel   linked in kemenkumham   Youtube Kanwil Kemenkumham Sumsel   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
PROVINSI SUMATERA SELATAN


facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Jend Sudirman Km. 3,5 Kec. Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30151
PikPng.com phone icon png 604605   089648547707
PikPng.com email png 581646   kanwilsumsel@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   kumhamsumsel@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI