Palembang. “Zona Integritas harus dibangun secara konsisten, berkelanjutan dan mengarah pada kepuasan pelayanan publik,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum Sumatera Selatan, Agato P P Simamora ketika memimpin rapat pembangunan Zona Integritas, Selasa (4/3).
Rapat ini merupakan wujud komitmen Kanwil Kemenkum Sumsel dalam memperkuat sistem birokrasi yang bersih, transparan, dan melayani masyarakat dengan maksimal. “Setelah sebelumnya kita melakukan pembentukan tim kerja pembangunan Zona Integritas, hari ini kita pastikan program kerja prioritas kita selama setahun ke depan dan apa-apa yang menjadi halangan kedepannya,” lanjutnya.
Kakanwil Agato juga mengajak seluruh pihak yang terlibat untuk bekerja sama secara maksimal, menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, serta menjaga integritas dalam setiap tindakan. Persiapan yang matang dan kerja sama yang solid dari seluruh tim adalah kunci utama dalam mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
“Tahun 2025 ini kita harus optimis mampu meraih WBBM melalui pelayanan yang bersih, transparan, dan bebas dari korupsi. Reformasi Birokrasi harus berdampak langsung pada masyarakat, tidak berbelit-belit, dan mampu memberikan pelayanan secara cepat, mudah, dan tanpa hambatan,” tegas Agato.
Adapun kerja prioritas yang disusun meliputi penetapan agen perubahan, penyusunan inovasi, hingga penguatan kapasitas petugas pelayanan.
Sementara itu Kepala Divisi Peraturan Perundang-Undangan dan Pembinaan Hukum, Hendrik Pagiling selaku Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI juga mengimbau seluruh tim kerja agar segera melakukan pemenuhan data dukung periode B03 secara totalitas melalui aplikasi E-RB.
Lalu Kepala Divisi Pelayanan Hukum, Alkana Yudha juga menambahkan agar seluruh jajaran terus menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman dan bersih. Hal ini, menurutnya, sangat penting dalam meningkatkan produktivitas pegawai serta memperkuat kolaborasi antar tim kerja.
"Kami berharap suasana kerja yang kondusif akan mendorong semangat kerja yang tinggi di kalangan pegawai, serta meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada masyarakat," tutupnya.